Breaking News

Tulis & Tekan Enter

images

20 OPD terima penghargaan SAKIP

Serahkan penghargaan SAKIP, Sekda: Motivasi bagi OPD Melayani Masyarakat

Salah satu acara yang menarik dalam apel HUT ke-48 KORPRI di halaman kantor Bupati Paser pada Jumat, 29 November 2019 adalah penyerahan penghargaan kepada perangkat daerah yang berhasil meraih kategori  SAKIP  BB dan B.

Berdasarkan hasil evaluasi atas implementasi SAKIP tahun 2018, terdapat 7 OPD yang berhasil meraih kategori BB dan 13 OPD dengan kategori B.  Atas kerja keras OPD tersebut, Pemkab Paser memberikan apresiasi atas Akuntabilitas Kinerja Perangkat Daerah selama tahun 2018. Beberapa indikator yang dinilai dalam SAKIP Award antara lain perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan, serta capaian dan evaluasi kinerja.

Sekretaris Daerah Kabupaten Paser, Katsul Wijaya mengatakan prestasi OPD ini menunjukkan bahwa akuntabilitas kinerja Pemkab Paser semakin baik. Penghargaan ini akan mendorong OPD untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

“Ini menunjukkan akuntabilitas kinerja kita semakin baik. Semoga kita terus termotivasi dalam melayani masyarakat lebih baik lagi, mari terus berupaya meningkatkan akuntabilitas kinerja, dan ini harus dirasakan langsung oleh masyarakat. Itu yang paling penting”, kata Katsul.

Di tempat yang sama Kepala Bagian Organisasi, Bambang Abdul Haliq menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak atas keberhasilan yang diraih oleh OPD dalam menerapkan akuntabilitas kinerja dengan baik.

Selanjutnya Bambang menjelaskan bahwa penerapan SAKIP memastikan anggaran hanya dipergunakan untuk membiayai program ataupun kegiatan prioritas yang mendukung pencapaian tujuan pembangunan. Penghematan anggaran terjadi dengan dihapusnya sejumlah kegiatan yang tidak penting dan yang tidak mendukung kinerja instansi.

"Perlu diingat, Evaluasi SAKIP bukan hanya sekedar pemberian nilai, namun juga menggambarkan kemampuan OPD dalam melakukan pengelolaan penggunaan anggaran dan dapat dipertanggungjawabkan demi memberikan pelayanan dan kemanfaatan bagi masyarakat" tutup Bambang.

Sementara itu Dinas Lingkungan Hidup yang meraih nilai tertinggi yakni 79,28 (BB), menerima penghargaannya diwakili Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup  Romif Erwanadi mengatakan rasa syukur dan terima kasihnya atas apresiasi yang diberikan. 

"Ini adalah kerja tim, terima kasih atas dukungan semua pegawai DLH dan instansi lain. Semoga momen ini memotivasi kami dan seluruh ASN untuk terus berkinerja baik dalam melayani masyarakat" ujar Romif.


OPD dengan kategori BB (nilai >70-80)

1. Dinas Lingkungan Hidup 

2. Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang 

3. Kantor Kecamatan Tanah Grogot

4. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu

5. Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi 

6. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

7. Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian


TAG , ,

Tinggalkan Komentar